Nikmatnya Botram di Pantai Karangnini

PANGANDARAN - Apa yang terpikirkan jika anda berada di ketinggian dan kejauhan atau duduk bersanding sang kekasih di pantai, Coba bayangkan anda menikmati pantai yang jernih dan suara ombak yang terdengar dari kejauhan. Anda bisa bermain pasirnya, kemudian mendapatkan sentuhan air laut di kaki anda dan berlari bersama orang terkasih anda di pantai. Gambaran yang indah bukan ?

Kesejukan suasana pantai bisa anda dapatkan dengan berkunjung ke Pantai Karang Nini​. Objek Wisata ini di Kelola Perum Perhutani BKPH Pangandaran, KPH Ciamis Divisi Regional Jawa Barat & Banten.

Banyak yang membuat pelesetan ketika tubuh butuh liburan dengan kalimat “i need vitamin sea”. Kalimat kekinian ini menunjukkan tidak sedikit orang yang menyukai pantai sebagai tempat wisata. Pantai Karang Nini memiliki keistimewaan karena letaknya yang ada di balik rimbunnya hutan. Paduan wisata pantai dan hutan yang lengkap dan menawarkan pengalaman berbeda .

Mengunjungi Pantai Karang Nini tidak akan membuat anda menyesal. Objek wisata ini mempunyai spot selfie, taman laut dikala air surut, media kantor informasi, mushola, warung/kedai dan camping ground, menara tinjau yang bisa untuk melihat pulau Nusakambangan.

Jika anda mengajak putra - putri anda, tak perlu khawatir karena adanya play ground & area parkir seluas kurang lebih 300 meter.Jalan masuk ke objek wisata sepanjang kurang lebih 2 km sekarang  sudah Hotmix, walaupun baru sebagian.

Sejarah Pantai Karang Nini
Sejarah Pantai ini bermula adanya Pangandaran yang dinamakan Karang Nini yaitu batu karang, sepintas memang seperti wujud badan nenek-nenek. Dalam bahasa sunda, nini memang berarti nenek. Ini kenapa pantainya disebut pantai Karang Nini.

Ada cerita yang tersimpan didalamnya. Konon, zaman dulu di suatu kampung Emplak ada sepasang kakek dan nenek yang tinggal dan bernama Ki Arga Piara & Ni Ambu Kolot. Kakek merupakan seorang penangkap ikan. Setiap harinya, beliau melaut dan hasilnya akan dipasarkan sisanya buat makan.

Hidupnya berlangsung sederhana, bahagia dan manis. Hingga pada suatu hari, ada sesuatu yang terjadi dan tidak biasa. Sang kakek tidak juga pulang dari laut sementara nenek merasa sangat cemas. Dia khawatir ada sesuatu yang buruk yang menimpa suaminya ketika melaut.

Konon si Nenek berjalan menelusuri pantai dengan memanggi - manggil sang suami. Namun sayang, sampai jelang tengah malam kakek tidak pulang juga. Nenek merasa sangat sedih dengan apa yang terjadi. Bahkan, masyarakat setempat juga ikut mencari keberadaan kakek. Meskipun masih juga tidak ditemukan.

Karena sudah larut malam, warga mulai pulang dan putus asa mencari keberadaan kakek. Tinggallah nenek seorang diri di pinggir pantai. Ia memiliki firasat buruk dan menangis tersedu. Nenek tak hentinya berdoa agar dipertemukan kembali dengan sang suami bagaimanapun kondisinya.

Tak disangka, doanya terkabul. Tidak lama kemudian, nenek mendapatkan satu buah batu karang yang mengambang. Konon itu merupakan perwujudan kakek yang dalam kenyataannya sudah wafat.

Ada lagi atraksi wisata yang bisa dilakukan disana , Hunting Foto di Pantai Karang Nini, bersiaplah mendapatkan banyak foto indah di Pantai Karang Nini. Wana Wisata Karang Nini adalah wisata alam perpaduan antara hutan dan pantai. Lebatnya hutan jati dan rimba bertaut dengan lautan lepas. Ada debur ombak dan berujung di langit biru yang membentuk garis horizon di kejauhan.

Tentu, pesona alam ini akan sayang untuk anda lewatkan. Anda bisa berfoto dengan keindahan alam di Pantai Karang Nini. Kondisi yang paling diburu adalah ketika sunrise mentari di ufuk timur membayang di pulau Nusa Kambangan dan Teluk Pananjung di Selatan. Ada juga kelokan jalan dari kereta api yang merupakan peninggalan Belanda menghilang di terowongan.

Pasir yang bersih, air laut yang biru dan pemandangan langit yang luas membuat anda memiliki pengalaman hunting foto mengesankan. Namun ketika melakukan aktivitas foto jangan lupa untuk tetap menjaga keselamatan anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Karang Nini, sebelum masuk ke objek wisata Pantai Karang Nini, anda harus membayar harga tiket masuk ini kepada petugas sebesar Rp.10.000/orang sudah termasuk asuransi jaminan keselamatan pemgunjung  . Pelayanannya juga baik, anda akan dihampiri petugas dan diberikan tiket masuk setelah membayar tanpa perlu turun dari kendaraan.

Sementara jam buka pantai karang nini adalah 7.30 sd jam 17.00 Wib  dari hari senin sampai dengan minggu, kecuali untuk pengunjung yang akan kemping. Anda bisa menginap di sekitar lokasi wisata.

Akses Lokasi ke Pantai Karang Nini Pantai Karang Nini berada diantara trayek Ciamis Pangandaran, Jawa Barat. Lebih tepatnya di desa Emplak, Kecamatan Kalipucang. Jika anda dari kota Ciamis, maka bisa ditempuh sekitar 80 kilometer. Sementara jika dari Pangandaran, kira-kira lebih 10 km atau membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Untuk menuju ke Pantai ini anda dapat memanfaatkan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Hanya saja, jika anda memanfaatkan kendaraan umum, anda harus menempuh jalan kurang lebih sekitar 2 km dari jalan raya hingga sampai ke tempat wisata ini dengan menggunakan jasa ojek.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Nini
Karena berlibur adalah kesempatan mendapatkan  bersama orang tersayang, maka persiapkan sebaik mungkin. Anda bisa menyimak tipsnya terlebih dahulu. Gunakan kendaraan pribadi jika ingin berkunjung ke tempat ini. Bawa bekal untuk anda nikmati selama perjalanan. Pastikan kondisi tubuh anda fit dan jangan lupa membawa baju ganti.

Awasi selalu putra - putri anda jika bermain di pantai. Patuhi larangan dan anjuran dari petugas demi keamanan anda. Nikmati sunset di Pantai Karang Nini dan dapatkan foto yang cantik. Jika anda memiliki banyak waktu, rasakan sensasi bercamping disini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan selama di lokasi agar tidak merusak keindahannya.

Pantai Karang Nini menjadi saksi keindahan dan eksotisnya pantai yang dimiliki Indonesia. Berselimut legenda, situs Budaya, tempat wisata ini patut anda kunjungi sebagai pengalaman yang mengesankan. Selamat berlibur.(Nang Surya )

WISATA KARANGNINI PANGANDARAN JAWA BARAT
Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Previous Article

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H Perhutani...

Next Article

Perhutani Ajak Kerjasama Generasi Muda Gerakan...

Related Posts